pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu Science Trek terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi ekosistem

Dewi, Susi Susilawati Sinta (2023) pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu Science Trek terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan model pembelajaran dan media merupakan salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar yang semestinya terus diupayakan dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek diperoleh hasil kemampuan argumentasi siswa sebesar 35 pada pretest dan 71,3 pada posttest. Sementara pada kelas yang tanpa menggunakan model Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek diperoleh hasil kemampuan argumentasi siswa sebesar 37 pada pretest dan 62 pada posttest. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pegaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi ekosistem. Keterlaksanaan aktivitas guru pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 95,45% dengan kategori sangat baik dan rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa 85,23% dengan kategori baik. Pada kelas kontrol rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 86,90% dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa memiliki rata-rata 79,76% dengan kategori baik. Adapun hasil rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), materi ekosistem dan media pembelajaran science trek sebesar 77,45% dengan kateori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Argument Driven Inquiry;Ekosistem;Kemampuan Argumentasi;Science Trek
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Susi Susilawati Sinta Dewi
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:42
Last Modified: 30 Aug 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74379

Actions (login required)

View Item View Item