Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) siswa pada materi Ekosistem

Ayuning, Nida Aulia (2023) Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir sistem (KBS) merupakan salah satu keterampilan yang berkembang di abad 21. Penelitian ini bertujuan Menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Sistem Siswa Pada Materi Ekosistem. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Kuantitatif (QUAN) dengan desain Non-Equivalent Group Design dan teknik purposive sampling terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas reguler di salah satu SMA Negeri didaerah Majalengka . Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket kendala, serta soal keterampilan berpikir sistem .Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah memperoleh skor aktivitas guru sebesar 100% (sangat baik) dan aktivitas siswa memperoleh skor 89,5% (baik). Peningkatan keterampilan berpikir sistem siswa kelas eksperimen mendapatkan skor N-gain sebesar 0,67 (sedang), lebih besar dari skor N-gain kelas reguler sebesar 0,42 (sedang). Hasil perhitungan uji mann whitney u menunjukan Sig. 0,000 < 0,05 adanya perbedaan positif pada kelas eksperimen dan reguler. Kendala siswa terjadi pada langkah pembelajaran menentukan permasalahan sebesar 61%. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir sistem siswa pada materi Ekosistem. Kata kunci : Berbasis Masalah; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Sistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berbasis Masalah; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Sistem.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nida Aulia Ayuning
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:18
Last Modified: 30 Aug 2023 06:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74391

Actions (login required)

View Item View Item