Komalasari, Omsiah (2023) Pengaruh Project Based Learning menggunakan media Canva terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
Abstract
KBKr merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa pada pendidikan abad 21. Tujuan Penelitian untuk menganalisis pengaruh project based learning menggunakan media canva terhadap KBKr siswa. Penelitian menggunakan mix methods dengan desain Embedded. Perangkat penelitian berupa instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal pilihan ganda dengan indikator (klarifikasi dasar, dasar mengambil keputusan, inferensi, klarifikasi lanjut, menangani starategi), asesmen produk dan angket kendala. Penelitian dilakukan disalah satu SMAN dikota Karawang. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa di kelas eksperimen dan reguler melalui teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru mencapai 96% kriteria sangat baik. KBKr mengalami peningkatan di kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain sebesar 0,53 kategori sedang dan kelas reguler sebesar 0,26 dengan kategori rendah. Uji hipotesis menggunakan uji t independent dengan nilai 0,004 < 0,05 yang artinya H_0ditolak dan H_1 diterima sehingga terdapat pengaruh terhadap model project based learning terhadap KBKr siswa pada materi ekosistem. Hasil asesmen produk diorama ekosistem pada kelas eksperimen sebesar 83% dengan kriteria sangat baik . Sebesar 43% dengan kategori hampir sebagian siswa mengalami kendala pada pembuatan diorama dalam membagi waktu saat merakit diorama di rumah. Siswa yang tidak mengalami kendala sebesar 57% dengan kategori sebagian besar karena bertanggung jawab atas pembagian tugas kelompok. Model project based learning sebagai alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk menumbuhkan KBKr pada siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canva; Diorama; Ekosistem; KBKr; Project Based Learning |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Omsiah Komalasari |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 01:09 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74403 |
Actions (login required)
View Item |