Pengaruh Project Based Learning menggunakan media Canva terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) siswa pada materi Ekosistem

Komalasari, Omsiah (2023) Pengaruh Project Based Learning menggunakan media Canva terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

KBKr merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa pada pendidikan abad 21. Tujuan Penelitian untuk menganalisis pengaruh project based learning menggunakan media canva terhadap KBKr siswa. Penelitian menggunakan mix methods dengan desain Embedded. Perangkat penelitian berupa instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal pilihan ganda dengan indikator (klarifikasi dasar, dasar mengambil keputusan, inferensi, klarifikasi lanjut, menangani starategi), asesmen produk dan angket kendala. Penelitian dilakukan disalah satu SMAN dikota Karawang. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa di kelas eksperimen dan reguler melalui teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru mencapai 96% kriteria sangat baik. KBKr mengalami peningkatan di kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain sebesar 0,53 kategori sedang dan kelas reguler sebesar 0,26 dengan kategori rendah. Uji hipotesis menggunakan uji t independent dengan nilai 0,004 < 0,05 yang artinya H_0ditolak dan H_1 diterima sehingga terdapat pengaruh terhadap model project based learning terhadap KBKr siswa pada materi ekosistem. Hasil asesmen produk diorama ekosistem pada kelas eksperimen sebesar 83% dengan kriteria sangat baik . Sebesar 43% dengan kategori hampir sebagian siswa mengalami kendala pada pembuatan diorama dalam membagi waktu saat merakit diorama di rumah. Siswa yang tidak mengalami kendala sebesar 57% dengan kategori sebagian besar karena bertanggung jawab atas pembagian tugas kelompok. Model project based learning sebagai alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk menumbuhkan KBKr pada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Canva; Diorama; Ekosistem; KBKr; Project Based Learning
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Omsiah Komalasari
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:09
Last Modified: 31 Aug 2023 01:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74403

Actions (login required)

View Item View Item