Pengembangan E-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik

Ramdiani, Rahmi Dwi (2023) Pengembangan E-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi dan analisis hasil uji kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Desain Based Learning) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Tahapan utama pada penelitan ini yaitu 1) pendahuluan yaitu analisis dan desain; 2) perancangan yaitu pembuatan produk; 3) pengembangan yaitu uji validasi dan uji kelayakan produk. Produk yang dihasilkan berupa e-modul berbasis PBL yang didalamnya terdapat tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, materi, evaluasi, profil serta game. Uji validasi dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua dosen ahli media dan satu dosen ahli materi. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi aspek materi, tampilan dan bahasa masing-masing sebesar 0,88; 0,84; 0,81 yang menunjukan bahwa e-modul yang dibuat valid. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan kepada 15 orang mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah pilihan pengelolaan dan pengolahan limbah. Rata-rata hasil uji kelayakan dari aspek materi, tampilan dan bahasa masing-masing sebesar 89%; 92%; 91%. Hal teserbut menunjukan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul; Problem Based Learning (PBL); pengolahan limbah plastik;
Subjects: Ecology > Environmental Chemistry
Technology of Other Organic Products > Plastics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ramdiani Rahmi Dwi
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:04
Last Modified: 31 Aug 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74406

Actions (login required)

View Item View Item