Ramdiani, Rahmi Dwi (2023) Pengembangan E-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi dan analisis hasil uji kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Desain Based Learning) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Tahapan utama pada penelitan ini yaitu 1) pendahuluan yaitu analisis dan desain; 2) perancangan yaitu pembuatan produk; 3) pengembangan yaitu uji validasi dan uji kelayakan produk. Produk yang dihasilkan berupa e-modul berbasis PBL yang didalamnya terdapat tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, materi, evaluasi, profil serta game. Uji validasi dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua dosen ahli media dan satu dosen ahli materi. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi aspek materi, tampilan dan bahasa masing-masing sebesar 0,88; 0,84; 0,81 yang menunjukan bahwa e-modul yang dibuat valid. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan kepada 15 orang mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah pilihan pengelolaan dan pengolahan limbah. Rata-rata hasil uji kelayakan dari aspek materi, tampilan dan bahasa masing-masing sebesar 89%; 92%; 91%. Hal teserbut menunjukan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengolahan limbah plastik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; Problem Based Learning (PBL); pengolahan limbah plastik; |
Subjects: | Ecology > Environmental Chemistry Technology of Other Organic Products > Plastics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ramdiani Rahmi Dwi |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 01:04 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 01:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74406 |
Actions (login required)
View Item |