Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media Mind Mapping terhadap berpikir kritis pada materi Metabolisme

Rukmawati, Genia Aulia (2023) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media Mind Mapping terhadap berpikir kritis pada materi Metabolisme. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang melibatkan murid yaitu pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu mind mapping diperoleh hasil berpikir kritis dengan nilai rata – rata pretest 33 (Rendah), dan posttest 73 (Tinggi). Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu mind mapping diperoleh nilai rata – rata pretest 27 (Rendah) dan posttest 38 (Rendah). Kemudian hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai nilai Thitung (27,36) > Ttabel (2,04) artinya pada pengujian hipotesis ini H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran inkuiri berbantu mind mapping terhadap berpikir kritis pada materi metabolisme.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Inkuiri; Metabolisme; Mind Mapping
Subjects: Biology
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Genia Aulia Rukmawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:41
Last Modified: 31 Aug 2023 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74424

Actions (login required)

View Item View Item