Penerapan model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla'ul Atfal

Yanti, Restu Malihah Norma (2023) Penerapan model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla'ul Atfal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada kelas V di MI Matla’ul Atfal Kota Bandung, yaitu rendahnya keterampilan menulis siswa, yang dibuktikan dengan kurangnya siswa dalam menguasai keterampilan tersebut dengan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada pembelajaran Bahasa indonesia. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya motivasi dan kreativitas dari guru dalam proses pembelajaran dan kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk melatih keterampilannya dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui keterampilan menulis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write, aktivitas pada saat proses pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write, dan keterampilan menulis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan dengan empat tahapan yang berulang, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Matla’ul Atfal yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis siswa meningkat dalam setiap siklus dan tindakannya. Rata-rata nilai siswa dari pra siklus sebesar 51,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 11,54% dengan kategori kurang, pada siklus I tindakan I memperoleh rata-rata nilai 57,46 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 15,4% dengan kategori kurang, pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,38 dengan ketuntasan belajar klasikal 30,76% dengan kategori kurang, pada siklus II tindakan I memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,61dengan ketuntasan belajar klasikal 34,51% dengan kategori cukup, pada siklus II tindakan II memperoleh nilai rata-rata 76,44 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 76,92% dengan kategori baik. Dari berbagai data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V di MI Matla’ul Atfal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think talk write; media gambar seri; keterampilan menulis;
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Malihah Norma Yanti
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:08
Last Modified: 05 Sep 2023 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74513

Actions (login required)

View Item View Item