Peningkatan literasi sains peserta didik melalui penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan Blog pada materi gelombang bunyi

Aulia, Wilda Guspa (2023) Peningkatan literasi sains peserta didik melalui penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan Blog pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang melibatkan peran peserta didik secara aktif. Model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik salah satunya adalah model Guided Discovery Learning. Selain penggunaan model pembelajaran, sarana pembelajaran juga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik. Seiring dengan perkembangan zaman, internet merupakan sarana yang paling banyak digunakan sebagai sarana pembelajaran. Berdasarkan pemaparan tersebut peneliti menggunakan layanan web blog sebagai media untuk peserta didik dalam mengakses bahan ajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik antara Model GDL dan model konvesional dengan berbantuan blog pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan IPA 2 di SMAN 26 Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model GDL diperoleh sebesar 79,64%. Adapun perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik berdasarkan uji n-gain menunjukkan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,37 dan kelas kontrol sebesar 0,21 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik menggunakan model GDL berbantuan blog dan model konvensional berbantuan blog.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery Learning; Blog; Literasi Sains; Gelombang Bunyi
Subjects: Education > Statistic of Education
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Guspa Aulia Wilda
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:31
Last Modified: 01 Sep 2023 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74585

Actions (login required)

View Item View Item