Nuraisyah, Rena (2023) Pengembangan Laboratorium Virtual berorientasi Literasi Kimia pada materi Hidrolisis Garam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan hasil uji coba terbatas dari media laboratorium virtual berorientasi literasi kimia pada materi hidrolisis garam yang dilatarbelakangi oleh pentingnya media laboratorium virtual berorientasi literasi kimia pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Design Based Research) dengan desain ADDIE yang telah termodifikasi diantaranya analisis, desain dan pengembangan. Hasil pengembangan laboratorium virtual menunjukkan, isi laboratorium virtual yang diitegrasikan pada aspek literasi kimia. Aspek literasi kimia terdiri dari aspek konteks, konten, proses dan sikap. Tampilan laboratorium virtual ini memiliki lima menu utama diantaranya petunjuk, materi, MSDS, praktikum dan soal evaluasi yang dirancang dengan memadukan teks, gambar, suara, animasi serta video. Hasil analisis uji validasi dilakukan oleh dosen ahli diantaranya ahli materi, ahli pendidikan dan ahli media dan menunjukkan nilai rata-rata r hitung sebesar 0,81 melebihi nilai r kritis sehingga laboratorium virtual ini valid dan dapat dilanjutkan ke tahap uji coba terbatas. Hasil analisis uji coba terbatas menunjukkan nilai rata-rata presentase sebesar 95,8% yang diamati pada aspek pembelajaran, aspek substansi materi, aspek kebahasaan dan aspek tampilan media visual. Dengan demikian, laboratorium virtual dinyatakan valid dan memiliki interpretasi kelayakan yang tiggi sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | laboratorium virtual; literasi kimia; hidrolisis garam |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rena Nuraisyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74595 |
Actions (login required)
View Item |