Dampak penggunaan media sosial terhadap perubahan perilaku keagamaan masyarakat : Studi kasus Desa Banyusari Kec katapang Kabupaten Bandung

Setiawan, Enden (2023) Dampak penggunaan media sosial terhadap perubahan perilaku keagamaan masyarakat : Studi kasus Desa Banyusari Kec katapang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dimana media sosial merupakan salah satu media yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia khusus nya di daerah banyusari. Dengan semakin banyak nya penggunaan media sosial ini dapat mengakibatkan terjadinya sebuah perubahan pola perilaku. Hal tersebut merupakan sebuah fenomena yang melatar belakangi dari penelitian ini. Adapun untuk Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dampak yang di timbulkan dari penggunaan media sosial terhadap masyarakat banyusari sehingga dapat merubah bentuk pola perilaku keagamaan yang ada di masyarakat banyusari. Adapun untuk metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Dimana metode ini sangat cocok untuk di gunakan dalam penelitian ini. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data nya disini penulis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan teori B.F. Skiner dimana menurut nya bahwa perubahan perilaku seseorang dapat di sebabkan dari salah satu faktor dari luar yang masuk ke dalam suatu lingkungan serta dapat di terima di dalam lingkungan tersebut.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perilaku keagamaan masyarakat banyusari dapat berubah seiring dengan penggunaan media sosial yang sangat berlebihan. Akan tetapi kembali lagi dampak yang dapat di timbulkan dari media sosial tergantung kepada para pengguna yang dapat dengan bijak menggunakan media sosial tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Perilaku Keagamaan; Masyarakat
Subjects: Religious Experiences
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Enden Setiawan Enden
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:07
Last Modified: 01 Sep 2023 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74600

Actions (login required)

View Item View Item