Pengaruh label halal dan Harga produk terhadap minat beli produk Makanan ringan berkemasan pada kalangan Mahasiswa UIN Bandung

Anwar, Muhammad Zaky (2023) Pengaruh label halal dan Harga produk terhadap minat beli produk Makanan ringan berkemasan pada kalangan Mahasiswa UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Saat ini banyak produk makanan ringan berkemasan yang beredar ada yang sudah berlabel halal dan belum berlabel halal. Makanan ringan yang sudah berlabel halal tentunya kan meningkatkan daya beli konsumennya namun makanan ringan yang belum berlabel halal masih banyak peminatnya padahal belum jelas kehalalannya. Masih banyaknya pembeli tersebut mungkin disebabkan oleh faktor lain salah satunya yaitu harga produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal produk terhadap minat beli produk makanan ringan berkemasan pada kalangan mahasiswa UIN Bandung, pengaruh harga produk terhadap minat beli produk makanan ringan berkemasan pada kalangan mahasiswa UIN Bandung, serta besar pengaruh label halal dan harga pada produk makanan ringan berkemasan terhadap minat beli seorang mahasiswa.Label halal adalah pemberian tanda halal atau bukti tertulis sebagai jaminan produk yang halal dengan tulisan halal dengan tulisan halal halal dalam huruf arab. Harga merupakan sebuah patokan uang yang dibebankan pada suatu produk atau jasa tertentu atau jumlah nilai tukar dari konsumen berdasarkan manfaaat manfaat yang diberikan dari menggunakan produk atau jasa tersebut. Minat beli adalah sesuatu yang terkait dengan perencanaan konsumen untuk membeli produk barang atau jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sampel yang digunakan sebanyak 200 orang responden menggunakan teori roscoe. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online dan studi pustaka. Analisis statistik yang digunakan meliputi uji deskriptif data, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji normalitas, ujimultikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa label halal (X1) dan harga produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk makanan ringan berkemasan (Y). Hasil uji parsial (t) label halal (X1) dengan tingkat signifikansi t hitung >0,05 senilai 3,615 > t tabel 1,652 dan harga produk (X2) dengan tingkat signifikansi t hitung >0,05 senilai 7,615 > t tabel 1,652. Hasil uji simultan (f) label halal (X1) dan harga produk (X2) dengan tingkat signifikansi f hitung > 0,05 senilai 48,949 > f tabel 3,044. Hasil uji koefisien determinasi pada lebel halal (X1) dan harga produk (X2) terhadap minat beli (Y) sebesar 33,2% dan 57,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Label Halal; Harga Produk; Minat Beli
Subjects: Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Anwar Muhammad Zaky
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:11
Last Modified: 04 Sep 2023 02:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74637

Actions (login required)

View Item View Item