Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) serta pengaruh terhadap Harga Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk

Sidiq, Jasmin Fathiya (2023) Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) serta pengaruh terhadap Harga Saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpistaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat diketahui melalui analisis rasio keuangan. Perusahaan dikatakan berhasil menciptakan nilai tambah bagi pemilik modal, jika EVA dan MVA bernilai positif, karena perusahaan mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat biaya modal (cost of capital) diikuti dengan meningkatnya harga saham. Namun, jika EVA dan MVA bernilai negatif, hal ini menunjukkan nilai perusahaan menurun yang diikuti dengan penurunan harga saham, karena tingkat pengembalian lebih rendah dari biaya modal. Penurunan jumlah pertumbuhan penjualan emiten ritel ini menjadi fenomena bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Economic Value Added (EVA) berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk secara parsial. 2). Untuk mengetahui Market Value Added (MVA) berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk secara parsial. 3). Untuk mengetahui metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk secara simultan. Menurut teori Gitman metode EVA memberikan tolak ukur yang baik tentang apakah perusahaan telah memberikan nilai tambah kepada pemegang saham. Menrut Gulo dan Ermawati peningkatan MVA merupakan keberhasilan pemegang saham dalam memaksimalkan kekayaan pemegang saham dengan alokasi sumber-sumber daya yang tepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat melalui metode dokumentasi yang diperoleh secara tidak langsung atau sumber kedua yaitu website. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh di mana seluruh data populasi pertriwulan laporan keuangan dan harga saham BSI selama periode 2021-2023 menjadi sampel. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Dalam pengolahan data menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara parsial, Market Value Added (MVA) menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara parsial, Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) memberikan pengaruh signifikan terhadap harga saham secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added (EVA); Market Value Added (MVA); Harga Saham
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Jasmin Fathiya Sidiq
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:04
Last Modified: 04 Sep 2023 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74726

Actions (login required)

View Item View Item