Makmun, Gymnastiar Sulisul (2023) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Suanan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
Abstract
Orientasi proses pembelajaran tidak sekedar menerima dan menyerap informasi, akan tetapi suatu rangkaian proses yang kompleks. Proses tersebut dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan suatu permasalahan, berpikir kritis guna melatih menggabungkan gagasan-gagasan nyata dalam proses pembelajaran dan berpikir logis serta meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu materi yang diharuskan menggunakan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu sistem reproduksi yang bersifat abstrak. Model pembelajaran yang dianggap sesuai dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 70 siswa terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPA 2 MAN 1 Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitan quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Pengumpulan data menggunakan sumber data primer meliputi lembar observasi, tes uraian berpikir kritis dan lembar angket. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata pretest sebesar 54,09 dan rata-rata posttest sebesar 57,83 dengan nilai N-Gain pada indikator berpikir kritis adalah 0,44 yang termasuk kategori sedang. Nilai signifikasi Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Kritis; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Adult Education > Distance Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Gymnastiar Sulisul Makmun |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:59 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74729 |
Actions (login required)
View Item |