Pengaruh fenomena budaya Korea terhadap religiusitas santri: Studi pada santri Pondok Modern Mathla'ul Huda Baleendah Bandung

Lutfia, Nurul Naffa (2023) Pengaruh fenomena budaya Korea terhadap religiusitas santri: Studi pada santri Pondok Modern Mathla'ul Huda Baleendah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena budaya Korea sebagai hasil dari buah pemikiran manusia yang berhasil berkembang pesat hingga ke seluruh dunia. Mulai dari musik, tayangan drama, cara berpakaian, makanan, dan lain-lain. Maraknya fenomena budaya Korea saat ini, Indonesia tidak pernah absen dari keikutsertaan dalam konsumsi fenomena tersebut. Hampir dari banyaknya kalangan usia menikmati fenomena budaya Korea. Dari hasil survey lembaga ilmu pengetahuan Indonesia eksistensi drama Korea melonjak tinggi pada tahun 2021 dimana saat itu terjadinya pandemi covid-19. Dikalangan remaja sendiri fenomena budaya Korea sudah tidak asing lagi bagi mereka, tayangan Korea sudah menjadi konsumsi mereka sehari-hari hanya sekedar penghilang penat atau sebagai motivasi. Baik itu remaja biasa atau santri yang di pesantren sekalipun. Tidak jarang jika remaja yang mengikuti budaya Korea dianggap jelek dan jauh dari agama. Maka dari itu dengan adanya fenomena ini peneliti tertarik dengan penelitian ini yang membahas tentang bagaimana fenomena budaya Korea mempengaruhi religiusitas di kalangan santri Pondok Modern Mathla’ul Huda. Di Pondok Modern Mathla’ul Huda sendiri banyak santri yang mengikuti budaya Korea, terkadang tidak jarang jika ada waktu luang santri Pondok Modern Mathla’ul Huda khususnya santri putri menyempatkan sekedar menonton musik video dari sebuah idol grup atau tayangan drama Korea. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan diperolehnya data-data dari wawancara, serta observasi lapangan yang bersifat secara deskriptif dimana semua hasil data yang diperoleh dapat berbentuk teks, kata, dan gambaran. Dibantu dengan beberapa sumber tertulis seperti artikel, buku, skripsi dan beberapa sumber tertulis lainnya. Penelitian ini menggunakan teori religiusitas tiga dari lima dimensi tokoh Glock dan Stark sebagaimana teori tersebut menyebutkan bahwa seseorang dapat diukur religiusitasnya melalui dimensi religiusitas Glock dan Stark. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa santri Pondok Modern Mathla’ul Huda sedikit terpengaruh oleh fenomena budaya Korea terhadap religiusitasnya, mereka mengikuti dan menyukai budaya Korea tidak lupa akan ibadah walaupun ada disuatu momen dimana mereka melalaikan ibadah tetapi tidak sampai meninggalkannya hanya saja dalam ibadah sunnah meraka mengalami perubahan yang asalnya rajin menjadi malas atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Budaya Korea; Santri; Religiusitas
Subjects: Religious Experiences
Religious Education
Culture and Institutions
History of Modern China > History of Korea
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Nurul Naffa Lutfia
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:33
Last Modified: 04 Sep 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74740

Actions (login required)

View Item View Item