Penerapan metode Muraja'ah pada Qur'an Juz 30 dalam meningkatkan kualitas hafalan : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas Tahfiz di SMP Labschool UPI Cibiru Kota Bandung

Azilah, Intan Nur (2023) Penerapan metode Muraja'ah pada Qur'an Juz 30 dalam meningkatkan kualitas hafalan : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas Tahfiz di SMP Labschool UPI Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi di kelas Taḥfiẓ. SMP Labschool UPI Cibiru merupakan salah satu sekolah yang mempunyai perogram kelas Taḥfiẓ. Namun pada program kelas Taḥfiẓ ini masih terdapat banyak siswa yang kualitas hafalannya belum baik, baik dari segi kelancaran maupun tajwidnya, berdasarkan hasil awal dinyatakan bahwa hanya 4 siswa yang sudah dikatakan tuntas hafalannya. Adapun nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 61,00. Sehingga dikatakan bahwa kualitas hafalan siswa masih kurang dan belum mencapai nilai KKM (80). Permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan Metode Murāja’ah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kualitas hafalan Qur’an juz 30 siswa kelas Taḥfiẓ di SMP Labschool UPI Cibiru sebelum diterapkan Metode Murāja’ah. 2) Untuk mengetahui penerapan Metode Murāja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan Qur’an juz 30 siswa kelas Taḥfiẓ di SMP Labschool UPI Cibiru. 3) Untuk mengetahui kualitas hafalan Qur’an juz 30 siswa kelas Taḥfiẓ di SMP Labschool UPI Cibiru setelah diterapkan Metode Murāja’ah. Penellitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa banyak Metode yang mempengaruhi kemampuan menghafal siswa. salah satu Metode tersebut adalah Metode Murāja’ah. Metode Murāja’ah merupakan metode yang dapat meningkatkan kualitas hafalan Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penerapan Metode Murāja’ah dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yag digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan: Observasi, Tes dan Dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan statistik sederhana.yaitu menghitung hasil aktivitas siswa dan menghitung hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: 1) Kualitas hafalan Qur’an sebelum penerapan Metode Murāja’ah ini dikategorikan masih sangat rendah, pada hasil pre test memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 61,00 dan persentase ketuntasan sebesar 26,66%. 2) Proses penerapan Metode Murāja’ah dalam pelaksanaanya ini telah terlaksana dengan baik pada setiap siklusnya. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus 1 pertemuan pertama nilai persentase rata-rata siswa sebesar 49,3%. Pada siklus 1 pertemuan kedua nilai persentase rata-rata siswa sebesar 52,6%. Pada siklus 2 pertemuan pertama nilai persentase rata-rata siswa sebesar 79,3 dan pada siklus 2 pertemuan kedua nilai persentase rata-rata siswa sebesar 87,00% dengan kategori sangat baik. 3) Kualitas hafalan Qur’an pada juz 30 setelah penerapan Metode Murāja’ah pada siklus 1 pertemuan pertama diketahui bahwa rata-rata nilai siswa sebesar 67,33. pada siklus 1 pertemuan kedua nilai rata-rata siswa sebesar 75,66. Pada siklus 2 pertemuan pertama nilai rata-rata siswa sebesar 79,66 dan pada siklus 2 pertemuan kedua nilai rata-rata siswa sebesar 83,00. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas hafalan siswa sudah sangat baik, maka dari itu penelitian ini dicukupkan pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muraja'ah; Meningkatkan; Hafalan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: intan nur azilah
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:03
Last Modified: 05 Sep 2023 02:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74752

Actions (login required)

View Item View Item