Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (KBKr) pada materi sistem pertahanan tubuh

Kusumah TriSandi Putra Rusmawijaya, Hadi (2023) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (KBKr) pada materi sistem pertahanan tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di kabupaten sukabumi, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang dipakai oleh guru kurang bervariasi. Siswa yang merasa bosan dalam menerima pelajaran, dan aktivitas selama pembelajaran di kelas cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall, dan untuk menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa 100% dengan kategori sangat baik. Terdapat pengaruh signifikan dari pembelajaran model discovery learning berbantu wordwall dan rata-rata respon siswa yaitu sebesar 80,44% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (KBKr) pada materi sistem pertahanan tubuh terlaksana dengan sangat baik, terdapat pengaruh signifikan, dan mendapat respon sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; keterampilan berpikir kritis; sitem pertahanan tubuh; Wordwall;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hadi Kusumah Tri Sandi Putra Rusmawijaya
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:02
Last Modified: 05 Sep 2023 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74849

Actions (login required)

View Item View Item