Perkembangan seni di pondok pesantren Riyadlul Ulum Wadda'wah Kota Tasikmalaya: Seni kriya,seni musik Islam, dan seni kaligrafi pada tahun 2001-2022

Anisyah, Gina (2023) Perkembangan seni di pondok pesantren Riyadlul Ulum Wadda'wah Kota Tasikmalaya: Seni kriya,seni musik Islam, dan seni kaligrafi pada tahun 2001-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini adalah sebuah analisis mengenai perkembangan seni yang ada di pondok pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah. Peneliti dalam skripsi mengkaji mengenai perkembangan seni yang ada di pondok tersebut, diantaranya : Seni Kriya, Seni Marawis, Seni Nasyid, Seni Hadroh, Dan Seni Kaligrafi. Pembahasan dalam skripsi ini lebih berfokus terhadap awal mula munculnya perkembangan seni di pondok tersebut. Dalam skripsi ini mendeskripsikan mengenai berbagai faktor pendukung yang mempengaruhi kemunculan perkembangan seni tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui awal mula munculnya seni di pondok pesantren Riyadlul Ulum Waddawah dan tata cara pondok pesantren dalam pelestarian seni tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu mengenalkan cara-cara penelitian dan penulisan sejarah, langkah-langkah dalam pemilihan topik pengumpulan sumber, kritik intern dan ekstern, analisis dan interpretasi, dan penyajian dalam bentuk tulisan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil observasi langsung ketempat penelitian. Melalui tahap wawancara langsung dengan ustadz dan ustadzah yang mengelola pondok tersebut. Secara teoritis sebuah pondok pesantren bertanggung jawab untuk membantu para santrinya dalam mengembangkan bakatnya baik dari segi pengetahuan ataupun segi potensinya. Sebuah potensi atau bakat seseorang bisa muncul karena faktor lingkungannya. Oleh sebab itu, dengan adanya dorongan dari pondok, para santri akan lebih mengenal potensi dalam dirinya melalui kegiatan ekstra kurikuler yang difasilitasi oleh pondok. Hasil penelitian dalam skripsi ini mendapatkan pembahasan mengenai berbagai bentuk seni yang terbentuk di pondok pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah. Dan di pondok tersebut terdapat lima jenis seni yang dikembangkan oleh pondok untuk membantu para santrinya dalam membentuk potensi diri. Bentuk potensi itu diantaranya potensi dalam bernyanyi, menulis kaligrafi, dan berkreatifitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Seni;Perkembangan;Pesantren
Subjects: Arts
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Gina Anisyah
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:08
Last Modified: 05 Sep 2023 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74862

Actions (login required)

View Item View Item