Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Zakat Profesi Seleb Tiktok dari penghasilan Endorsement : Studi kasus Selebriti Tiktok @Listysc

Wahliati, Dara (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Zakat Profesi Seleb Tiktok dari penghasilan Endorsement : Studi kasus Selebriti Tiktok @Listysc. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim, zakat juga termasuk kedalam sala satu rukun islam. Zakat berarti membersihkan dan mensucikan, yang artinya pembersih diri yang didapatkan setelah melaksanakan kewajiban zakat. Zakat terbagai menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Salah satu bagian dari zakat mal yaitu zakat profesi. Zakat profesi atau zakat penghasilan adalah zakat yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari penghasilan atau pendapatan. Penelitian yang dilatar belakangi karena penulis melihat kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai profesi apa saja yang wajib dizakatinya. Salah satunya yaitu profesi seleb tiktok. Dimana profesi ini merupakan profesi yang bisa dibilang baru dalam kalangan masyarakat. Penelitian ini juga melihat bagaimana teknis atau mekanisme seorang seleb tiktok mendapatkan penghasilan. Yaitu dengan cara endorsement. Endorsement merupakan sebuah bentuk promosi penjualan untuk mengenalkan suatu produk atau brand yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan pelaku jasa. Penulis melakukan penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa seorang seleb tiktok yang memiliki penghasilan dari endorsement termasuk kedalam sebuah profesi menjual jasa yang juga termasuk kedalam akad Ijarah al-a’mal, yaitu akad ijarah untk kegiatan yang dilakukan seseorang unuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dan berhak atas upah. Penelitian ini juga melihat dan mendengar fakta dilapangan bagaimana seorang seleb tiktok yang memiliki penghasilan dari endorsement dalam tinjauan hukum ekonomi syariah yang bertujuan untuk mengetahui zakat profesi yang harus @Listysc zakati. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif studi kasus. Dalam hal ini penulis akan memaparkan apa itu zakat proesi dan juga menjelaskan bagaimana mekanisme seorang seleb tiktok @Listysc mendapatkan penghasilannnya. Hasil dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang seleb tiktok yang memiliki penghasilan dari endorsement merupakan sebuah profesi yang hartanya sudah wajib dizakati/ keluarkan jika sudah mencapai haul, nisab dan juga kadarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: zakat profesi; penghasilan endorsement
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Dara Wahliati
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:04
Last Modified: 05 Sep 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74915

Actions (login required)

View Item View Item