Penerapan Lembar Kerja Berbasis Proyek pada pembuatan Selai Rendah Gula untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa

Azizah, Vina (2023) Penerapan Lembar Kerja Berbasis Proyek pada pembuatan Selai Rendah Gula untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Lembar Kerja dibutuhkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan lembar kerja, menganalisis pengembangan mahasiswa dalam menerapkan lembar kerja berbasis proyek, dan mengetahui hasil kandungan kadar gula dan uji organoleptik produk selai rendah gula yang sesuai dengan standar BPOM. Metode penelitian ini menggunakan desain one shot case study dengan subjek penelitian berjumlah 21 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pilihan kimia aditif dan adiktif di Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Instrumen yang digunakan meliputi deskripsi pembelajaran, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian, dan rubrik penilaian poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek berjalan dengan sangat baik sesuai dengan deskripsi pembelajaran dengan persentase 85%. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja secara keseluruhan sangat baik dengan rata-rata 91. Keterampilan berpikir kreatif setiap kelompok secara keseluruhan mencapai level empat dengan kategori sangat kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek mampu mengembangkankan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Produk yang dihasilkan melalui uji kadar gula dan organoleptik yaitu selai rendah gula dengan kandungan gula dibawah 65 brix sesuai dengan ketentuan BPOM. Hasil uji organoleptik juga sesuai dengan BPOM yaitu untuk warna tidak terlalu mencolok, aroma dari buah asal yang digunakan, tekstur gel, dan daya terima rata-rata disukai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja berbasis proyek; pemanis alami; selai rendah gula; keterampilan berpikir kreatif;
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Medical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Vina Azizah
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:52
Last Modified: 04 Sep 2023 07:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74935

Actions (login required)

View Item View Item