Rohman, Shinta Yulianti (2023) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan bahan bakar dari limbah plastik untuk mengembangkan literasi lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik pada penerapan pembelajaran berbasis proyek dan menganalisis literasi lingkungan peserta didik pada pembuatan bahan bakar dari limbah plastik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 13 Garut dengan jumlah 22 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja peserta didik, rubrik penilaian lembar kerja, serta tes dan angket untuk mengukur literasi lingkungan peserta didik. Data diperoleh dari hasil observasi dan pengerjaan lembar kerja pada kegiatan pembelajaran, serta pemberian skor pada tes dan angket literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88,5% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran berbasis proyek yaitu 86 dengan interpretasi sangat baik. Sementara literasi lingkungan peserta didik yang diukur menggunakan tes, lembar observasi dan angket mendapatkan nilai rata-rata pengetahuan 82, keterampilan 78, sikap 75, dan tindakan 70. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan bahan bakar dari limbah plastik dapat mengukur literasi lingkungan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Bahan bakar dari limbah plastik; Literasi lingkungan |
Subjects: | Engineering > Organic Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Shinta Yulianti Rohman |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:49 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74942 |
Actions (login required)
View Item |