Hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian terhadap siswa Kelas VII D MTs Miftahul Falah

Rofiko, Siti (2023) Hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian terhadap siswa Kelas VII D MTs Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia (Slameto, 2010). Dalam pengembangannya, persepsi berhubungan dengan lingkungan belajar yang mendorong minat belajar siswa. Lingkungan belajar merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan (Saroni, 2006). Sementara minat adalah dorongan untuk mencapai sukses dalam segala bidang, baik berupa studi, kerja, hobi atau aktivitas apapun. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MTs Miftahul Falah ditemukan bahwa terdapat kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini disebabkan oleh persepsi siswa terhadap lingkungan belajar yang membuat kurangnya minat belajar. Akibatnya siswa menjadi tidak fokus, susah diatur, dan berisik di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas persepsi siswa terhadap lingkungan belajar; 2) Realitas minat belajar siswa kelas VII D MTs Miftahul Falah Bandung; 3) Realitas hubungan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data berupa analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasional dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Realitas persepsi siswa terhadap lingkungan belajar berdasarkan hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 25 siswa dengan jumlah 20 item pernyataan, diperoleh rata-rata 3,54 termasuk kategori tinggi sebab terletak pada interval 3,40 - 4,19. Maka persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dikualifikasikan tinggi; 2) Realitas minat belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 25 siswa dengan jumlah 20 item pernyataan, diperoleh hasil rata-rata 3,27 termasuk ke dalam kategori sedang sebab terletak pada interval 2,60 – 3,39. Maka minat belajar siswa dikualifikasikan sedang; 3) Realitas hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak dari hasil perhitungan uji korelasi, hipotesis, dan pengaruhnya diperoleh adanya hubungan positif dan signifikan sebab mengacu pada koefisien korelasi yang berkategori cukup dengan skor 0,51 yang berada pada rentang 0,40-0,59. Berdasarkan t_hitung 3,37 > t_tabel 2,07 maka Η_a diterima yang menyatakan adanya korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan pengaruhnya diperoleh 15% dan 85% sisanya dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak mempunyai hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Presepsi siswa; Lingkungan belajar; minat belajar
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rofiko
Date Deposited: 10 Sep 2023 12:22
Last Modified: 10 Sep 2023 12:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75017

Actions (login required)

View Item View Item