Rofiko, Siti (2023) Hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian terhadap siswa Kelas VII D MTs Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia (Slameto, 2010). Dalam pengembangannya, persepsi berhubungan dengan lingkungan belajar yang mendorong minat belajar siswa. Lingkungan belajar merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan (Saroni, 2006). Sementara minat adalah dorongan untuk mencapai sukses dalam segala bidang, baik berupa studi, kerja, hobi atau aktivitas apapun. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MTs Miftahul Falah ditemukan bahwa terdapat kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini disebabkan oleh persepsi siswa terhadap lingkungan belajar yang membuat kurangnya minat belajar. Akibatnya siswa menjadi tidak fokus, susah diatur, dan berisik di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas persepsi siswa terhadap lingkungan belajar; 2) Realitas minat belajar siswa kelas VII D MTs Miftahul Falah Bandung; 3) Realitas hubungan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data berupa analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasional dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Realitas persepsi siswa terhadap lingkungan belajar berdasarkan hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 25 siswa dengan jumlah 20 item pernyataan, diperoleh rata-rata 3,54 termasuk kategori tinggi sebab terletak pada interval 3,40 - 4,19. Maka persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dikualifikasikan tinggi; 2) Realitas minat belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 25 siswa dengan jumlah 20 item pernyataan, diperoleh hasil rata-rata 3,27 termasuk ke dalam kategori sedang sebab terletak pada interval 2,60 – 3,39. Maka minat belajar siswa dikualifikasikan sedang; 3) Realitas hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak dari hasil perhitungan uji korelasi, hipotesis, dan pengaruhnya diperoleh adanya hubungan positif dan signifikan sebab mengacu pada koefisien korelasi yang berkategori cukup dengan skor 0,51 yang berada pada rentang 0,40-0,59. Berdasarkan t_hitung 3,37 > t_tabel 2,07 maka Η_a diterima yang menyatakan adanya korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan pengaruhnya diperoleh 15% dan 85% sisanya dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan minat belajar mereka pada mata Pelajaran Akidah Akhlak mempunyai hubungan yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Presepsi siswa; Lingkungan belajar; minat belajar |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Rofiko |
Date Deposited: | 10 Sep 2023 12:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2023 12:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75017 |
Actions (login required)
View Item |