Praktik Mind Healing Technique (MHT) metode terapi Self-Healing pada penderita Insecurity: Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Bandung Angkatan 2020

Nasution, Tuti Alawiyah.S (2023) Praktik Mind Healing Technique (MHT) metode terapi Self-Healing pada penderita Insecurity: Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Bandung Angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Umumnya mahasiswa cenderung merasakan insecure yang melewati batas normal karena memiliki harapan-harapan yang begitu tinggi sehingga perasaan yang muncul didalam tahap pertumbuhan pada akhirnya menyebabkan dampak yang negatif. Contoh kasus ringan dari adanya rasa insecure pada rentang usia remaja yaitu menjadi kepribadian yang introvert atau kurang bisa berinteraksi dengan orang disekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik dan respon mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung terkait mind healing technique MHT metode terapi self-healing pada penderita Insecurity. Penelitian ini berfokus kepada permasalahan yang dirasakan oleh mahasiwa terutama yang memiliki permasalahan insecurity dalam proses pembelajarannya. Dengan hal ini peneliti ingin mengetahui permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, maka pengumpulan data dilakukan secara kualitatif untuk menerangkan kualitas-kualitas objek melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan mind healing technique (MHT) metode terapi self-healing terhadap penderita insecurity dapat disimpulkan bahwa Proses self-healing ini dapat membantu dan mempercepat masalah psikologis yang dialami dengan menggunakan metode self-healing dalam mind healing technique seperti Berdoa, Berpikir Positif, Relaks, Fokus dengan niat sembuh, Pasrah. Sementara respon informan terhadap penerapan mind healing technique (MHT) metode terapi self-healing dapat disimpulkan bahwa berdampak positif baik dalam respon kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Selain itu juga, penggunaan self-healing telah membantu mengubah pola pikir negatif menjadi lebih positif, meningkatkan keyakinan diri, dan mengurangi perasaan takut dan ketidakamanan. Hal ini tercermin dalam perubahan ekspresi emosi dan gerakan tubuh yang lebih positif, lembut, dan terbuka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mind Healing Technique; Self-Healing; Insecurity
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Stress
Creation of God
Diseases > Disorders of Personality and Intellect
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tuti Alawiyah S Nasution
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:36
Last Modified: 06 Sep 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75192

Actions (login required)

View Item View Item