Pengaruh respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasana pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 46 Kota Bandung

Lestari, Amelia (2023) Pengaruh respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasana pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 46 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_Daftar isi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
4_Bab I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnyahasil Penilaian Akhir Semester (PAS)mata pelajaran pendidikan agama Islamsiswa pada tahun ajaran 2022/2023. Hal ini terlihatdari masih banyaknnya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)sekitar 60%. KKM yang diberlakukan di SMPN 46 Kota Bandung pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu 72.Kondisi ini disebabkan adanya peralihan kurikulum yang berdampak kepada siswa sulit memahamimateri sehinggahasil belajarkurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di kelas IX SMPN 46 Kota Bandung. 2)Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IXSMPN 46 Kota Bandung. 3)Pengaruh respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasarana terhadaphasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMPN 46 Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwahasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya sarana prasarana.Sarana prasarana yang mencukupi akan memberikan semangat siswa dalam pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar.Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapatpengaruhpositifrespon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Data penelitian yaitu sampel 54 siswa, yakni 20% dari jumlah populasi 257siswa kelas IXSMPN 46 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data melalui angket, tes dan dokumentasi.Teknik analisis datamenggunakan uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, analisisparsial, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sarana dan prasarana pembelajaran siswa kelas IX SMPN 46 Kota Bandung berkategori baik, berdasarkan skorrata-rata 2,63 berada pada interval 2,50 < 3,25. 2) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IX SMPN 46 Kota Bandung berkategori tinggi, berdasarkanskor rata-rata 54,9beradapada rentang 51 –75%. 3)Pengaruh respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam sebesar 15,6%dan sisanya sebesar 84,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung2,983 dan nilai ttabel 2,006yang berarti bahwa HOditolak dan H1diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh respon siswa tentang ketercukupan sarana dan prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: respon siswa; sarana dan prasana; pembelajaran; hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amelia Lestari
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:53
Last Modified: 06 Sep 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75212

Actions (login required)

View Item View Item