Terapi Sufistik Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah untuk mengatasi kecemasan : Studi deskriptif pada Jemaah Ikhwan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

Nurfaruq, Ahmad Aufa (2022) Terapi Sufistik Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah untuk mengatasi kecemasan : Studi deskriptif pada Jemaah Ikhwan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
4_bab I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (bab II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (bab III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (bab IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (bab V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Kecemasan yang dialami jemaah ikhwan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Suryalaya sangat beragam, mulai dari masalah hidup sampai dengan ketakutan pasca kematian. Dampak dari kecemasan tersebut memberikan respon rasa cemas, gelisah dan kekhawatiran yang secara tidak langsung memberikan tekanan fisik maupun psikis pada jemaah ikhwan. Kecemasan yang dirasakan jemaah ikhwan tersebut dapat ditangani dengan beberapa pendekatan lahir maupun batin. Pendekatan lahiriah maupun batiniah bisa dilakukan salah satunya dengan terapi sufistik yang biasa diamalkan oleh jemaah ikhwan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Suryalaya. Berdasarkan hal tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Terapi Sufistik Perspektif Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Suryalaya Tasikmalaya, Untuk mengetahui Metode Terapi Sufistik Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Suryalaya Tasikmalaya, dan untuk mengetahui Hasil dari Terapi Sufistik Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Suryalaya Tasikmalaya dalam mengatasi Kecemasan menurut pada Jemaah Ikhwan yang melakukannya. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis di pondok pesantren suryalaya dengan mewawancara enam jemaah ikhwan tarekat qodiriyah naqsabandiyah memiliki gangguan kecemasan. Tiga ciri kecemasan yang penulis teliti, maka dapat disimpulkan bahwa dari kecemasan fisik, kognitif, dan behavioral. Keenam jemaah tersebut hanya merasakan kecemasan fisik terdiri dari dua orang, yang merasakan kecemasan secara kognitif semua merasakan, dan yang terakhir kecemasan secara behavioral tidak ada satupun jemaah ikhwan yang diwawancara oleh penulis merasakan kecemasan secara behavioral ini. Adapun tahapan pengamalan terapi sufistik yang dilakukan jemaah ikhwan tarekat qodiriyah naqsabandiyah yaitu dengan mengamalkan dzikir jahr yang dibaca minimal 165x setelah shalat wajib, dzikir khafi yang dibaca didalam hati setiap saat, melaksanakan khataman minimal dua kali seminggu dan ikut membaca amalan manaqib yang dilaksanakan sebulan sekali. Efek terapi sufistik mampu menurunkan kecemasan yang dirasakan jemaah ikhwan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi Sufistik; Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah; Kecemasan
Subjects: Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahmad Aufa Nurfaruq
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:35
Last Modified: 06 Sep 2023 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75233

Actions (login required)

View Item View Item