Pengaruh model pembelajaran Kooperatif metode Window Shopping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas IX di SMP YPI Cikoneng

Mumtaz, Alma Kholidah (2023) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif metode Window Shopping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas IX di SMP YPI Cikoneng. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_Cover_1.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_Abstrak-1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_Daftar Isi-1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
4_BAB I-1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
5_BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab III)
6_BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab IV)
7_BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Bab V)
8_BAB V-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SMP YPI Cikoneng, pada dasarnya guru telah menerapkan berbagai macam model pembelajaran salah satunya model pembelajaran koopratif metode jigsaw, akan tetapi pada kenyataannya hasil belajar siwa pada mata pelajaran PAI masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Sehingga, upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa ialah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Metode Window Shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Window Shopping, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Window Shopping, dan 3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif metode Window Shopping terhadap hasil belajar siswa di kelas IX SMP YPI Cikoneng Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan atas sebuah teori yakni menurut Badar bahwa pembelajaran merupakan upaya sadar seorang pendidik untuk mengajarkan siswanya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu perencanaan yang harus dipersiapkan yaitu metode yang digunakan untuk menempuh tujuan dan hasil pembelajaran. Metode pembelajaran yang pas diperlukan dalam mengembangkan nilai dalam suatu proses belajar di dalam ruangan karena merupakan bagian penting dari keberhasilan proses belajar mengajar. Pendidik wajib menyesuaikan dengan metode pembelajaran dimana dalam keadaan siswa serta kurikulum pendidikan yang sedang diterapkan menggunakan metode belajar yang dapat menarik minat dan tidak membuat jenuh. Salah satunya yaitu menggunakn metode window shopping yang mana metode dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Noneequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif metode window shopping berjalan dengan baik sesuai dengan Langkah-langkah yang telah ditetapkan. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode window shopping yaitu sebesar 84,5 sedangkan untuk rata-rata nilai yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 77,33. Pengaruh model pembelajaran kooperatif metode Window Shopping terhadap pembelajaran PAI dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis yang diperoleh dimana thitung > ttabel yaitu 3,521 > 2,021. Dengan demikian hipotesis diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif metode window shopping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas IX materi akikah dan qurban di SMP YPI Cikoneng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; metode Window Shopping; hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alma Kholidah Mumtaz
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:56
Last Modified: 06 Sep 2023 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75253

Actions (login required)

View Item View Item