Efektivitas sistem pengelolaan pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung

Nugraha, Akmal Dwi (2023) Efektivitas sistem pengelolaan pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan pemeriksaan alat pemadam kebakaran merupakan pelayanan yang diberikan pemerintah daerah atas jasa pemeriksaan dan pengujian alat pemadam kebakaran, pencegahan kebakaran, dan penyelamatan bencana kebakaran yang digunakan dan dikelola oleh individu atau badan. Namun pada kenyatannya penerimaan pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Kota Bandung dari tahun 2020 hingga 2022 tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan dan elastisitas dalam pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Kota Bandung, keadilan dalam pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Kota Bandung, dan kemampusn administrasi dalam pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Kota Bandung. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kriteria wajib dalam menilai keefektivitasan sebuah pemungutan pelayanan pendapatan dari Phaurela dan Emy (2017) yang terdapat tiga kriteria, yaitu (1) Kecukupan dan Elastisitas, (2) Keadilan, dan (3) Kemampuan Administrasi. Dari dimensi teori tersebut, peneliti menggunakan ketiga dimensi teori, Kecukupan dan Elastisitas, Keadilan, dan Kemampuan Administrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan.Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam kebakaran yang dikaitkan dengan tiga kriteri yaitu kecukupan dan elastisitas, keadilan, dan kecukupan administrasi dinilai belum efektif. Kriteria kecukupan administrasi belum efektif karena dalam pelaksanaanya belum sesuai dengana teknis yang sesuai dan belum mudah dilakukan dan mencapai target yang telah ditentukan. Terdapat beberapa hambatan yang terjadi dalam proses pengelolaan pelayanan pendapatan pemeriksaan alat pemadam dan ditemukan juga upaya untuk menyelesaikan hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Administrasi; Keuangan; Pengelolaan; Pelayanan; Retribusi
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Akmal Akmaldn Nugraha
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:48
Last Modified: 07 Sep 2023 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75292

Actions (login required)

View Item View Item