Fujianti, Annisa (2023) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Project Based Learning (PjBL) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan memberikan penngalaman pembelajaran dalam bentuk proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain menggunakan dua kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan subjek penelitian sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata presentase 75% aktivitas guru dan 87% aktivitas siswa. Data hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran PjBL dengan nilai rata-rata pretest 66,94 dan nilai rata-rata posttest 84,58, sedangkan data hasil belajar kelas yang tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantu Edpuzzle nilai rata-rata pretest 43,88 dan nilai rata-rata posttest 71,25. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model PjBL berbantu Edpuzzle 0,50, sedangkan nilai rata-rata kelas yang tanpa menggunakan model PjBL berbantu Edpuzzle 0,45. Respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL menunjukan respon yang positif dengan nilai rata-rata 65,14%. Maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantu Edpuzzle berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edpuzzle; Hasil Belajar; Project Based Learning; Sistem Imun. |
Subjects: | Education > Statistic of Education Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Diseases > Bacterial and Viral Diseases |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Annisa Fujianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 06:32 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75429 |
Actions (login required)
View Item |