Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun

Fujianti, Annisa (2023) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Project Based Learning (PjBL) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan memberikan penngalaman pembelajaran dalam bentuk proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain menggunakan dua kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan subjek penelitian sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata presentase 75% aktivitas guru dan 87% aktivitas siswa. Data hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran PjBL dengan nilai rata-rata pretest 66,94 dan nilai rata-rata posttest 84,58, sedangkan data hasil belajar kelas yang tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantu Edpuzzle nilai rata-rata pretest 43,88 dan nilai rata-rata posttest 71,25. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model PjBL berbantu Edpuzzle 0,50, sedangkan nilai rata-rata kelas yang tanpa menggunakan model PjBL berbantu Edpuzzle 0,45. Respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL menunjukan respon yang positif dengan nilai rata-rata 65,14%. Maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantu Edpuzzle berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Edpuzzle; Hasil Belajar; Project Based Learning; Sistem Imun.
Subjects: Education > Statistic of Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Diseases > Bacterial and Viral Diseases
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Annisa Fujianti
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:32
Last Modified: 06 Sep 2023 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75429

Actions (login required)

View Item View Item