Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Sukamerang Kabupaten Garut

Septiani, Alfia Hamda (2023) Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Sukamerang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu dilihat dari realita pada zaman sekarang sering ditemukan peserta didik yang sulit membaca Al-Qur’an. Hambatan ini bisa dilihat dari beberapa murid yang belum fasih membaca Al-Qur’an sehingga dapat menyebabkan siswa sulit menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil dari wawancara yang sudah dilaksanakan bersama guru Al-Qur’an Hadits kelas V di MI YTI Sukamerang mengatakan bahwasannya saat membaca Al-Qur’an peserta didik belum tartil membacanya, minimnya pengetahuan peserta didik terhadap ilmu tajwid, saat diminta membaca Al-Qur’an peserta terlalu cepat melafalkannya dan ketika diberi pengertian anak tidak fokus. Pada akhirnya permasalahan ketika membacakan Al-Qur’an yang dilewati oleh peserta didik ini dapat menimbulkan hambatan saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kesulitan yang dialami siswa ketika membaca Al-Qur’an; 2) Faktor-faktor penghambat siswa ketika membaca Al-Qur’an di MI YTI Sukamerang; 3) Strategi guru Al-Qur’an Hadits di MI YTI Sukamerang dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan deskriptif analisis yaitu penelitian yang mendeskripsikan suatu konteks tertentu dikaji secara utuh, komperhensif dan holistik, penelitian ini berguna untuk mendapatkan data secara detail. Teknik pengumpul data ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur kegiatan dari model Miles Dan Huberman dengan tiga alur penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Kesulitan yang di alami siswa dalam membaca Al-Qur’an di MI YTI Sukamerang ialah sebagian peserta didik mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf hijaiyah dan kesulitan dalam membaca huruf yang bertajwid; 2) Faktor penghambat yang dialami siswa dalam membaca Al-Qur’an di MI YTI Sukamerang ialah berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu faktor dalam diri peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik dan kurangnya minat belajar membaca Al-Qur’an. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu faktor teman bergaul, faktor guru, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan keluarga; 3) Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di MI YTI Sukamerang yaitu menggunakan strategi nyanyian, menggunakan media, menggunakan jam tambahan untuk membaca Al-Qur’an, melakukan pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum jam pembelajaran dimulai, melakukan pendekatan dengan peserta didik, memberi pengertian yang lebih dan hukuman tambahan yang mendidik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi guru; kesulitan; membaca Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfia Hamda Septiani
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:10
Last Modified: 07 Sep 2023 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75588

Actions (login required)

View Item View Item