Implementasi pengawasan Program Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Yayasan Ukhuwah Care Indonesia: Studi deskriptif di LAZ UCARE Kota Bekasi

Saherdiani, Hafiah Putri (2023) Implementasi pengawasan Program Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Yayasan Ukhuwah Care Indonesia: Studi deskriptif di LAZ UCARE Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Amil Zakat Ukhuwah Care Indonesia (LAZ UCare Indonesia) merupakan lembaga amil zakat di Kota Bekasi. Salah satu program unggulan yang dimiliki LAZ UCare Indonesia adalah program pendidikan yang berlangsung secara berkelanjutan. Agar program pendidikan tersebut tetap pada tujuan utamanya, maka diperlukan suatu controlling atau pengawasan program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penetapan standar, penilaian kinerja, perbandingan, dan tindakan implementasi pengawasan program pendidikan di LAZ UCare Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori pengawasan menurut Robbins & Coulter (2016) yaitu adanya penetapkan standar (standards), pengukuran (measurement), perbandingan (compare), dan tindakan (action). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data penelitian berdasarkan pada data primer berupa hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berupa studi dokumentasi melalui berbagai literatur yang ditemukan dilapangan. Hasil dari penelitian adalah pada Penetapan standar telah optimal karena pengawasan dilaksanakan sesuai peraturan Pemda Kota Bekasi Nomor 02 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Zakat dan adanya standar target sasaran yg jelas yaitu 1500anak/tahun. Pada indikator pengukuran (measurement) sudah optimal karena ketercapaian target sasaran penerima manfaat dari 1500 anak/tahun dalam implementasinya mencapai lebih dari 2000 anak/tahun. Pada indikator Perbandingan (Compare) telah optimal karena menghasilkan output yang lebih tinggi daripada target sasaran. Namun pada indikator tindakan (action) proses optimal karena punishment bersifat umum secara tertulis sesuai dengan tingkatan pelanggarannya, perlunya partisipasi masyarakat serta peningkatan kerjasama antara lembaga pendidikan pemerintah dengan LAZ UCare Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: implementasi pengawasan; lembaga Amil zakat; zakat produktif, program pendidikan.
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Education
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hafiah Putri Saherdiani
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:18
Last Modified: 07 Sep 2023 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75597

Actions (login required)

View Item View Item