Kamilina, Alna Bil Ilmani (2023) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa : Penelitian korelasi di MI Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (640kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
Abstract
Berkembangnya teknologi pada masa kini membuat siswa terbiasa dengan penggunaan gadget. Penggunaan gadget dapat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam mencari infprmasi, namun penggunaan gadget dengan intensitas tinggi dapat mengakibatkan kecanduan. Hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah, mengetahui motivasi belajar pada siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas peggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta sampel yang diambil dari kelas IV – VI berjumlah 65 siswa. Adapun pengambilan data intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik, uji normalitas dan uji linier, setelah diperoleh data yang berdistribusi normal dan linier, maka dilakukan uji korelasi menggunakan korelasi product moment. Hasil menunjukan bahwa intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas tinggi di MI Miftahul Falah memiliki rata-rata sebesar 2,89 artinya berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata motivasi belajar diperoleh sebesar 3,45 artinya berada pada kategori tinggi. Adapun hasil uji korelasi product moment diperoleh rhitung 0,231 lebih kecil dari rtabel 0,244, karena rhitung lebih kecil dari rtabel maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa di kelas tinggi MI Miftahul Falah. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi diantaranya: kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran, kondisi jasmani dan rohani siswa, fasilitas sekolah, kondisi lingkungan saat belajar, kegiatan yang menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas; penggunaan gadget; motivasi; belajar |
Subjects: | Education Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alna Bil Ilmani Kamilina |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75613 |
Actions (login required)
View Item |