Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa : Penelitian korelasi di MI Miftahul Falah

Kamilina, Alna Bil Ilmani (2023) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa : Penelitian korelasi di MI Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi pada masa kini membuat siswa terbiasa dengan penggunaan gadget. Penggunaan gadget dapat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam mencari infprmasi, namun penggunaan gadget dengan intensitas tinggi dapat mengakibatkan kecanduan. Hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah, mengetahui motivasi belajar pada siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas peggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi MI Miftahul Falah. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta sampel yang diambil dari kelas IV – VI berjumlah 65 siswa. Adapun pengambilan data intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik, uji normalitas dan uji linier, setelah diperoleh data yang berdistribusi normal dan linier, maka dilakukan uji korelasi menggunakan korelasi product moment. Hasil menunjukan bahwa intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas tinggi di MI Miftahul Falah memiliki rata-rata sebesar 2,89 artinya berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata motivasi belajar diperoleh sebesar 3,45 artinya berada pada kategori tinggi. Adapun hasil uji korelasi product moment diperoleh rhitung 0,231 lebih kecil dari rtabel 0,244, karena rhitung lebih kecil dari rtabel maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa di kelas tinggi MI Miftahul Falah. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi diantaranya: kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran, kondisi jasmani dan rohani siswa, fasilitas sekolah, kondisi lingkungan saat belajar, kegiatan yang menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: intensitas; penggunaan gadget; motivasi; belajar
Subjects: Education
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alna Bil Ilmani Kamilina
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:00
Last Modified: 08 Sep 2023 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75613

Actions (login required)

View Item View Item