Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu media Padlet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Adimiharta, Silvia (2023) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu media Padlet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berkreasi dan berinovasi menjadi suatu tantangan bagi guru agar mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas, terkhusus pada materi IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu media Padlet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan non-equivalent control group design, menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling pada kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 35 siswa di SMP Negeri 17 Bandung. Hasil keterlaksanaan kegiatan pembelajaran guru dan siswa sebesar 97,7% dengan kategori sangat baik. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model CPS berbantu media Padlet memperoleh rata-rata pretest 57 dan posttest 89. Sedangkan kelas tanpa model CPS berbantu media Padlet memperoleh rata-rata prestest 62,5 dan posttest 82. Analisis uji Mann-Whitney dengan perolehan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,011<0,05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap suatu perlakuan, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa secara keseluruhan berdasarkan aspek konten materi, model dan media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,42 termasuk kategori sedang. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media Padlet pada materi sistem ekskresi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis;creative problem solving;padlet;sistem eksresi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Silvia Adimiharta
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:47
Last Modified: 07 Sep 2023 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75684

Actions (login required)

View Item View Item