Peran pengelolaan pajak restoran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung

Rizki, Rofi Davarul (2023) Peran pengelolaan pajak restoran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung yang mana dalam target dan realisasi anggaran pajak restoran selalu tercapai dalam 3 tahun terakhir akan tetapi dalam pencapaian tersebeut proses penerimaan belum optimal. Sehingga masalah utama pada penelitian ini yaitu proses pengelolaan pemungutan pajak restoran yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peran pengelolaan pajak restoran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Bandung dengan berfokus kepada strategi, sarana dan batasan tanggungjawab, standar kinerja, dan pelaksanaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan objek penerimaan pajak restoran, adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknis analisis data terbagi ke dalam tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori langkah-langkah pengelolaan menurut Affifuddin (2010) yang terdiri dari dimensi menentukan strategi, menentukan sarana dan batasan tanggungjawab, menentukan standar kinerja yang mencakup efektivitas dan efisiensi, serta pelaksanaan. Penelitian ini menghasilkan bahwa pelaksanaan pengelolaan pemungutan pajak restoran Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung sudah berjalan dengan baik terlihat dari indikator memaksimalkan visi dan misi yang akan dicapai kemudian indikator adanya evaluasi program oleh kepala bidang. Kemudian pada pelaksanaan terlaksananya proses pengelolaan pemungutan pada pajak restoran sudah mencapai target. Namun dari masing – masing dimensi tersebut ada kendala dalam indikator lain kendala yang terjadi pada dimensi menentukan strategi terkait dengan meningkatkan kapasitas sumber daya para aparatur dan sumber daya masyarakat selaku objek wajib pajak restoran. Kemudian kendala pada dimensi menentukan sarana dan batasan tanggung jawab yang kebermanfaatannya masih kurang dalam penggunaan sarana, standar kinerja pegawai kurang berkualitas dan pada proses terlaksananya peran serta masyarakat yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Pendapatan Asli Daerah; Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung;
Subjects: Management Housekeeping > Restaurants of Indonesia
Accounting > Tax Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rofi Davarul Rizki
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:44
Last Modified: 07 Sep 2023 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75732

Actions (login required)

View Item View Item