Pengaruh Husnudzon terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir : Studi pada mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurhabibah, Nurhabibah (2023) Pengaruh Husnudzon terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir : Studi pada mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTARISI.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya kasus kecemasan di kalangan mahasiswa tingkat akhir, tak terkecuali pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal ini dikarenakan pada tahap ini merupakan tahap akhir yang mempunyai banyak tantangan. Banyak kekhawatiran muncuk disebabkan takutnya mahasiswa dalam menghadapi tahapan tersebut. Ketakutan ketidak mampuan dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsi, menghadapi dosen pembimbing dan banyak ketakutan lainnya yang pada akhirnya menyebabkan individu berpikir keras, memunculkan kekhawatiran, cemas, bahkan tidak menutup kemungkinan akan mengalami depresi. Tanda-tanda inilah yang kemudian akan memunculkan kecemasan, untuk meminimalisir tingkat kecemasan, diperlukan pola pikir yang baik untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada. Diantara pola pikir itu adalah pola pikir positif atau yang dikenal dengan husnudzon. Husnudzon merupakan salah satu praktik pendalaman keagamaan yang memiliki indikator berlawanan dengan kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh husnudzon terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner dalam skala likert dengan jumlah sampel 62 responden. Sedangkan teknik analisis yang digunakan teknik analisis korelasi produk moment. Kemudian aplikasi pengolahan statistik dengan program SPSS 24.0 for windows digunakan untuk membantu menganalisis data penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa ada pengaruh dari husnudzon terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir angkatan 2019, pengaruh tersebut dilihat dari nilai coefficient correlation -0,315 dengan signifikansi (P) 0,000, yang artinya P < 0,05. 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa husnudzon hanya memiliki kontribusi sebesar 19% terhadap kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir jurusan Tasawuf dan Psikoterapi. Sedangkan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Husnudzon; Kecemasan; Mahasiswa Tingkat Akhir
Subjects: Islam
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Biibahe Biibahe Biibahe
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:27
Last Modified: 07 Sep 2023 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75769

Actions (login required)

View Item View Item