Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa : Penelitian deskriptif di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia

Shahminan, Muhammed Amiruddin (2023) Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa : Penelitian deskriptif di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar. Membaca merupakan serangkaian kegiatan pikiran yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk memahami suatu informasi melalui indra penglihatan dalam bentuk simbol-simbol yang rumit, yang disusun sedemikian rupa sehingga memiliki arti dan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia, dan untuk mengetahui keberhasilan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Penelitian ini berlandaskan oleh teori bimbingan kelompok yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Artinya, semua peserta dalam kegiatan kelompok saling berinteraksi, bebas mengeluarkan pendapat, menanggapi, memberi saran, dan sebagainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah guru bimbingan konseling di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan bimbingan kelompok terdiri dari beberapa unsur, yaitu pertama dinamika kelompok, kedua pembimbing, ketiga konseli, keempat metode yang digunakan, kelima media, keenam teknik yang digunakan, ketujuh tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok: 1) Tahap Awal, ditandai dengan dibentuknya struktur kelompok. 2) Tahap Transisi, pada tahap ini guru pembimbing akan meninjau kembali apakah siswa sudah siap melanjutkan ke tahap kegiatan, jika belum siap maka guru akan kembali ke tahap awal dan memberikan ice breaking untuk siswa. 3) Tahap Kegiatan, apabila tahap ini berjalan baik, biasanya konseli dapat melakukan kegiatan tanpa mengharapkan campur tangan guru pembimbing, 4) Tahap Akhir, adalah tahapan dimana konseli mulai mencoba perilaku baru yang telah mereka pelajari dan dapatkan dari kelompok. Metode yang digunakan ialah bermain sambil belajar, bermain sambil belajar bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri siswa. (2) Hasil layanan bimbingan kelompok adalah adanya perubahan pada siswa, yaitu pertama Memiliki Pengetahuan, kedua Memiliki Informasi, ketiga Memiliki Motivasi, keempat Memiliki Kreatifitas, dan kelima Kualitas Diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca; Bimbingan Kelompok; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammed Amiruddin Shahminan
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:41
Last Modified: 07 Sep 2023 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75793

Actions (login required)

View Item View Item