Shahminan, Muhammed Amiruddin (2023) Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa : Penelitian deskriptif di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
Abstract
Membaca merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar. Membaca merupakan serangkaian kegiatan pikiran yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk memahami suatu informasi melalui indra penglihatan dalam bentuk simbol-simbol yang rumit, yang disusun sedemikian rupa sehingga memiliki arti dan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia, dan untuk mengetahui keberhasilan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Penelitian ini berlandaskan oleh teori bimbingan kelompok yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Artinya, semua peserta dalam kegiatan kelompok saling berinteraksi, bebas mengeluarkan pendapat, menanggapi, memberi saran, dan sebagainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah guru bimbingan konseling di Tadika Jheains Buang Sayang Malaysia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan bimbingan kelompok terdiri dari beberapa unsur, yaitu pertama dinamika kelompok, kedua pembimbing, ketiga konseli, keempat metode yang digunakan, kelima media, keenam teknik yang digunakan, ketujuh tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok: 1) Tahap Awal, ditandai dengan dibentuknya struktur kelompok. 2) Tahap Transisi, pada tahap ini guru pembimbing akan meninjau kembali apakah siswa sudah siap melanjutkan ke tahap kegiatan, jika belum siap maka guru akan kembali ke tahap awal dan memberikan ice breaking untuk siswa. 3) Tahap Kegiatan, apabila tahap ini berjalan baik, biasanya konseli dapat melakukan kegiatan tanpa mengharapkan campur tangan guru pembimbing, 4) Tahap Akhir, adalah tahapan dimana konseli mulai mencoba perilaku baru yang telah mereka pelajari dan dapatkan dari kelompok. Metode yang digunakan ialah bermain sambil belajar, bermain sambil belajar bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri siswa. (2) Hasil layanan bimbingan kelompok adalah adanya perubahan pada siswa, yaitu pertama Memiliki Pengetahuan, kedua Memiliki Informasi, ketiga Memiliki Motivasi, keempat Memiliki Kreatifitas, dan kelima Kualitas Diri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca; Bimbingan Kelompok; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Muhammed Amiruddin Shahminan |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75793 |
Actions (login required)
View Item |