Hubungan personal Hygiene terhadap penyakit infeksi saluran kemih ibu hamil ditinjau dari total koloni bakteri pada Urine Midstream

Firdaus, Aisyah Puteri (2023) Hubungan personal Hygiene terhadap penyakit infeksi saluran kemih ibu hamil ditinjau dari total koloni bakteri pada Urine Midstream. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit infeksi terbanyak kedua yang sering dijumpai pada ibu hamil. Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terkena infeksi saluran kemih yang berdampak kepada hasil kehamilan, dengan personal hygiene yang memiliki peran penting di dalamnya. Personal hygiene merupakan upaya dalam memelihara kebersihan dan perawatan diri, untuk mencegah diri dari penyakit ataupun kontaminasi bakteri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui total koloni bakteri menggunakan metode Total Plate Count (TPC), mengetahui hasil pemeriksaan dipstick urine pada urine midstream ibu hamil, dan mengetahui hubungan personal hygiene dengan total koloni bakteri terhadap risiko terjangkit penyakit ISK. Rancangan penelitian ini bersifat analitik observasional. Sampel urine midstream ibu hamil dalam penelitian ini berjumlah 20 sampel, diambil secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa hasil kuesioner, dipstick dan total koloni bakteri. Kuesioner untuk mengetahui personal hygiene setiap responden, uji dipstick untuk skrining ISK, dan kultur urine (TPC) untuk menegakkan diagnosa ISK. Diagnosa positif ISK ditentukan oleh total koloni bakteri ≥105 CFU/mL. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh 4 orang diduga positif infeksi saluran kemih, untuk total koloni bakteri berkisar antara 1,07 x 10^2 CFU/mL – 1,5 x 10^5 CFU/mL, uji dipstick diperoleh 4 orang (30.0%) positif leukosit, dan 9 orang (45.0%) positif nitrit. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat hubungan antara personal hygiene dengan total koloni bakteri (p-value 0.001) dan antara personal hygiene dengan dugaan ISK (p-value 0.001).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dipstick; ISK; Midstream; TPC
Subjects: Medicine and Health
Medicine and Health > Public Healt Nursing
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Aisyah Puteri Firdaus
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:39
Last Modified: 07 Sep 2023 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75803

Actions (login required)

View Item View Item