Tradisi Ruwahan : Kontinuitas dan perubahanya setelah masa pandemi Covid-19 : Studi deskriptif di Kampung Malang, Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang

Jurmiyah, Devita (2023) Tradisi Ruwahan : Kontinuitas dan perubahanya setelah masa pandemi Covid-19 : Studi deskriptif di Kampung Malang, Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini membahas bagaimana Tradisi Ruwahan di kampung malang kota tanggerang serta bagaimana Kontinuitas dan Perubahannya Setelah Masa Pandemi Covid-19. Hasil panelitian ini menunjukan sejarah Ruwahan di kampung malang kota tanggerang ini muncul dari zaman nenek moyang terdahulu. Dijalankan oleh masyarakat kampung malang dan mulai menjadi rutinitas tradisi Ruwahan menurut perkiraan tokoh masyarakat itu sejak 1950 dan dilaksanakan pada bulan sya'ban. Serta mempunyai tujuan untuk menghormati dan mendoakan arwah orang yang telah meninggal dunia serta merupakan suatu bentuk persiapan diri dalam rangka pelaksanaan ibadah puasa. Selain itu panelitian ini juga menunjukan rangakaian kegiatan pada tradisi Ruwahan seperti, membaca surat Al Fatihah, Surat Yasin, Doa bersama untuk para orang tua, keluaga dan leluhur yang sudah meninggal dan dzikir bersama. Tradisi Ruwahan di kampung malang kota tanggerang ini juga telah mengalami akulturasi budaya, sehingga sangat mungkin tradisi Ruwahan yang di lakukan oleh para leluhur di kampung malang telah mengalami perubahan dari mualai tatacara pelaksanaannya, seperti tradisi Ruwahan yang di lakukan saat ini. Pada penelitian ini membahas bagaimana Tradisi Ruwahan di kampung malang kota tanggerang serta bagaimana Kontinuitas dan Perubahannya Setelah Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini dipilih oleh peneliti karena metode ini dianggap cocok dalam penelitian ini karena sifatnya yang alami, yang nantinya penelitian ini dapat menghasilkan sebuah teknik pengumpulan data gabungan serta analisis yang diharapkan mendapatkan hasil informasi yang valid. Penelitian ini juga menggunakan teori Koentjaraningrat tentang Sistem Religi dan Budaya sebagai analisi utama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ruwahan; Sistem Religi; Kampung Malang.
Subjects: Religious Mythology
Religious Ethics
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Devita Jurmiyah
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:19
Last Modified: 08 Sep 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75806

Actions (login required)

View Item View Item