Etika komunikasi dalam pendidikan perspektif Al-Qur'an : Studi analisis Ilmu Pendidikan Islam

Fatma, Jutika (2023) Etika komunikasi dalam pendidikan perspektif Al-Qur'an : Studi analisis Ilmu Pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi yang bersifat moral dan etika, dengan mengedepankan nilai-nilai karimah. Komunikasi karimah mengacu pada komunikasi yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis (sunnah nabi). Dalam pandangan Islam, komunikasi merupakan bentuk dakwah atau penyebaran agama. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan melalui komunikasi harus mencerminkan nilai-nilai kebaikan dan mengajak kepada jalan Tuhan. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menyampaikan komunikasi dengan cara yang baik dan bijaksana. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan etika komunikasi, menjelaskan tafsir dan kandungan ayat-ayat tentang etika komunikasi, membahas nilai-nilai etika komunikasi dalam pendidikan yang tercermin dalam perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan analisis konten. Adapun jenis dan sumber data yang digunakan yaitu Al-Qur’an sebagai data primer dan buku tafsir Al-Qur’an, literatur akademik, dan penelitian terkait sebagai data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data, yaitu dengan study literature, library research, dan internet searching. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis konten ayat Al-Qur’an, analisis Tafsir AlQur’an, dan analis komparatif. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidik merupakan individu yang memiliki tanggung jawab penting dalam menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan dan berusaha menciptakan individu yang memiliki pola pikir yang ilmiah dan pribadi yang berkualitas. Sebagai pengendali dan pembimbing dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak didik, pendidik diharapkan memiliki sifat-sifat terpuji dan akhlak yang baik. Pendidik harus menjunjung tinggi kejujuran dalam segala hal, termasuk dalam diri, niat, ucapan, dan tindakan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat enam jenis etika komunikasi dalam Al-Qur’an yang dapat diterapkan pada pendidikan, yaitu: Qaulan Sadidan (perkataan yang benar) terdapat dalam QS. An-Nisa: 9 dan QS. Al-Ahzab: 70; b) Qaulan Ma'rufan (perkataan yang baik) terdapat dalam QS. AlBaqarah: 235, QS. Al-Baqarah: 263, QS. An-Nisa: 5, QS. An-Nisa: 8, QS. AlAhzab: 32, dan QS. Muhammad: 21; c) Qaulan Maysuran (perkataan yang mudah dimengerti) terdapat dalam QS. Al-Isra': 28; d) Qaulan Kariman (perkataan yang mulia) terdapat dalam QS. Al-Isra': 23; e) Qaulan Balighan (perkataan yang cukup) terdapat dalam QS. An-Nisa: 63; f) Qaulan Layyinan (perkataan yang lembut) terdapat dalam QS. Taha: 44.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika; Komunikasi; Pendidikan; Al-Qur'an
Subjects: Islam
Islam > Islamic Ethics, Practice
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jutika Fatma
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:12
Last Modified: 08 Sep 2023 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75868

Actions (login required)

View Item View Item