Hubungan sistem informasi Helpdesk dengan efektivitas pelayanan administrasi mahasiswa : Penelitian di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Salsabila, Anisa (2023) Hubungan sistem informasi Helpdesk dengan efektivitas pelayanan administrasi mahasiswa : Penelitian di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftarisi)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (6_bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (7_bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (8_bab5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (9_daftarpustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahun termasuk dibidang administrasi. Teknologi atau sistem informasi sudah mencakup semua aspek administrasi termasuk dalam pengambilan keputusan. Seperti halnya dalam proses pelayanan administrasi, informasi sangat penting dalam membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Baik itu pelayanan secara langsung maupun tidak langsung. Pelayanan secara tidak langsung ini bisa terjadi di dalam jaringan (online) yaitu dengan menggunakan sistem informasi helpdesk. Apabila pelayanan yang diberikan kurang baik tentu akan menghambat pada aspek efektivitas pelayanan tersebut. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sistem informasi helpdesk dengan efektivitas pelayanan administrasi mahasiwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sistem informasi memiliki indikator mudah digunakan, integritas, fleksibilitas, kecepatan akses, keamanan dan keandalan sistem. Indikator dari efektivitas pelayanana dministrasi mahasiswa adalah faktor waktu, faktor kecermatan dan faktor gaya pemberian pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), analisis parsial per indikator, uji prasyarat (normalitas dan linearitas), uji koefesien kolerasi dan uji koefesien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara sistem informasi helpdesk dengan efektivitas pelayanan administrasi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil perhitungan analisis koefesien kolerasi menunjukkan angka 0,804. Tingkat kekuatan hubungan tersebut ada di rentang 0,80 – 1,000 yang artinya terdapat hubungan dengan kategori “sangat kuat” dan arah hubungannya positif dengan melihat angka pearson correlation nya 0,804. Berdasarkan uji koefesien determinasi (R square) diperoleh nilai sebesar 0,804 yang memiliki arti bahwa kontribusi variabel X) Sistem Informasi Helpsdesk terhadap variabel (Y) Efektivitas Pelayanan sebesar 80,4%, sedangkan 19,6% lainnya dipengaruhi oleh unsur lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Helpdesk; Efektivitas Pelayanan Administrasi
Subjects: Administration of The Physical Plant
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisa Salsabila
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:58
Last Modified: 07 Sep 2023 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75894

Actions (login required)

View Item View Item