Kedisiplinan belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis : Penelitian korelasional di kelas XII MAN 2 Kota Bandung

Nadilah, Ainun (2023) Kedisiplinan belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis : Penelitian korelasional di kelas XII MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya kedisiplinan belajar yang sudah dilakukan secara maksimal oleh guru Al-Qur’an Hadis kelas XII MAN 2 Kota Bandung, seperti kehadiran sebelum belajar yang mana mereka sudah mempersiapkan pelajaran sebelum jam masuk kelas, mengikuti pembelajaran dengan baik, pemusatan perhatian dengan baik saat pembelajaran, menanyakan hal yang tidak dimengerti saat pembelajaran, dan mereka mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan. Namun realitanya sebagian besar hasil belajar mereka masih rendah, belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui realitas kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas XII di MAN 2 Kota Bandung; (2) mengetahui realitas hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas XII di MAN 2 Kota Bandung; (3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas XII MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada sebuah teori yang menyatakan bahwa kedisiplinan belajar siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, hal ini karena hasil belajar yang baik tidak hanya didasarkan pada kecerdasan saja, akan tetapi didukung pula oleh disiplin belajar yang konsisten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Sample yang digunakan berjumlah 100 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (a) realitas kedisiplinan belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata jawaban angket mencapai nilai 37,9 yang artinya termasuk ke dalam kategori “tinggi” karena berada pada interval 3,6-4,5. (b) realitas hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis termasuk ke dalam kategori “kurang”. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata jawaban tes Al-Qur’an Hadis siswa yang mencapai nilai 70 karena termasuk ke dalam interval 65-75. (c) realitas hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yaitu (1) koefisien korelasi yaitu sebesar 0,59 yang artinya terdapat dalam kategori sedang. (2) Ha diterima, hal ini berdasarkan nilai t_hitung (7,243) > t_tabel (1,984). Artinya menunjukkan bahwa kedisiplinan dan hasil belajar itu berhubungan, apabila kedisiplinanan belajarnya tinggi, maka hasil belajar yang diperolehnya juga semakin bagus. (3) derajat pengaruh kedisiplinan belajar (X) terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis (Y) mencapai 35%. Sisanya sebesar 65% terdapat pada faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar siswa; Hasil Belajar; Al-Qur'an Hadis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadilah Ainun
Date Deposited: 07 Sep 2023 12:25
Last Modified: 07 Sep 2023 12:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75945

Actions (login required)

View Item View Item