Pengaruh hipnoterapi pada remaja kecanduan rokok: Studi kasus pada siswa SMP Asy-syarifiyah, Jl. Panauwan, Kampung Ciseke, Desa Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut

Haerudin, Rahmi Amara (2023) Pengaruh hipnoterapi pada remaja kecanduan rokok: Studi kasus pada siswa SMP Asy-syarifiyah, Jl. Panauwan, Kampung Ciseke, Desa Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rahmi Amara Haerudin, 1161040091, 2023: Pengaruh Hipnoterapi Pada Remaja Kecanduan Rokok Usia remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa sehingga remaja ingin diakui sebagai orang dewasa. Salah satu perilaku yang atau gaya hidup yang ditampilkan yaitu merokok. Remaja mulai merokok dari usia sekolah yaitu ketika duduk di kelas tujuh sampai Sembilan. Berdasarkan keterangan WHO (World Health Organization) perokok yang memulai dari usia remaja memiliki resiko lebih tinggi. WHO juga menyebutkan setidaknya sebanyak 5,4% juta orang meninggal setiap tahunnya karena merokok. Sebanyak 30,4% orang Indonesia berusaha untuk berhenti merokok namun yang berhasil sebanyak 9,5%. Hal ini dikarekanakan banyak orang yang berhenti merokok dengan cara yang “kasar” atau memaksakan diri berhenti merokok. Saat ini hipnoterapi merupakan salah satu terapi populer yang digunakan untuk mengurangi intensitas merokok. Penerapan teknik hipnoterapi memberikan efek terhadap peubahan perilaku merokok pada remaja di SMP Asy-syarifiyah yaitu berupa penurunan intensitas merokok dari kategori perokok ringan sampai perokok sedang dengan menghabiskan dua sampai 11 batang rokok perhari menjadi kategori ringan sampai sedang dengan menghabiskan nol sampai delapan batang rokok perhari. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif pre experimental design dengan bentuk one group pre-test post test design. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan dengan metode analisis data statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskipsikan sampel dan tidak bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang mana dalam skipsi ini menggunakan angket terbuka, wawancara, dokumentasi, dan uji hipotesis menggunakan bantuan sistem komputer SPSS. Kata Kunci: Hipnosis, hipnoterapi, rokok, remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hipnosis; hipnoterapi; rokok; remaja;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Tobacco Problems
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rahmi Amara Haerudin
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:48
Last Modified: 07 Sep 2023 08:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75988

Actions (login required)

View Item View Item