Implementasi manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku ibadah santri putra: Studi deskriptif pondok pesantren Al-Jauhari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut

Gani, Cecep Abdul (2023) Implementasi manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku ibadah santri putra: Studi deskriptif pondok pesantren Al-Jauhari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER Cecep.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan islam yang tradisional, yang terlahir dan berkembang di indonesia tidak dapat dipisahkan dari sejarah yang sangat panjang. Proses pelembagaanya dimulai ketika para mubaligh atau wali menyebarkan agama islam melalui masjid, surau, dan langgar pada masa awal islam di indonesia. Penelitian ini menggunakan teori fungsi manajemen menurut pendapat G.R. Terry. Teorinya menjelaskan cara yang dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, yaitu POAC (planning, organizing, actuating, controlling). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam implementasi manajemen pondok pesantren Al-jauhari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut dalam meningkatkan perilaku beribadah santri putra. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen pondok pesantren Al-jauhari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut dalam meningkatkan perilaku beribadah santri. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam meningkatkan perilaku beribadah santri, dilakukan dengan merencanakan, mengorganisasi, mengaktualisasi dan mengawasi program pesantren dalam perilaku beribadah santri melalui kegiatan mengkaji materi kitab kuning, budaya pesantren yang dikembangkan baik bersifat mahdla dan ghairu mahdha. Dengan menjunjung tinggi budaya ta'dzim terhadap guru dan perilaku santun terhadap sesama dan senioritas tercipta perilaku ibadah pada diri santri yang tidak hanya mengetahui ajaran Islam tetapi juga melaksanakan ajaran Islam dengan kesadaran sendiri. 2) Faktor pendukung manajemen pondok pesantren Al-jauhari dalam meningkatkan perilaku beribadah santri putra diantaranya adalah faktor keinginan santri yang punya semangat untuk belajar, peran serta orang tua, kesadaran menjalankan ibadah jama'ah dan mengaji, dan pihak pengasuh dan ustadz yang selalu memberikan panutan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurang disiplinan, efek perkembangan teknologi informasi, kurang nyamannya santri terhadap peraturan, sehingga membutuhkan keterlibatan santri, penegasan pengasuh dan kinerja pengurus dan pengasuh yang lebih dekat dengan santri untuk mengatasi efek negatif tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pondok Pesantren; Perilaku; Beribadah; Santri
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
General Management
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdul Gani
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:18
Last Modified: 08 Sep 2023 04:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76011

Actions (login required)

View Item View Item