Layanan perpustakaan berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) hubungannya dengan kepuasan pengguna perpustakaan : Penelitian di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sholehah, Putri (2023) Layanan perpustakaan berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) hubungannya dengan kepuasan pengguna perpustakaan : Penelitian di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan perpustakaan. Teknologi yang dapat dimanfaatkan perpustakaan sebagai jasa layanan perpustakaan salah satunya yaitu Online Public Accsess Catalog (OPAC). Keunggulan sistem OPAC adalah untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari informasi, menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Dengan hadirnya OPAC di perpustakaan maka akan dapat meningkatkan kualitas layanan, sehingga layanan yang diberikan dapat memuaskan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Realitas Layanan Perpustakaan Berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, (2) mendeskripsikan Realitas Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan (3) menganalisis Hubungan Layanan Perpustakaan Berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) dengan Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri empat jawaban pilihan kepada 100 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis indikator, uji prasayat analisis (uji normalitas dan linieritas), uji korelasi, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas Layanan Perpustakaan Berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,18 termasuk pada kategori Cukup. (2) Realitas Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,09 termasuk pada kategori Cukup. (3) Hubungan layanan perpustakaan berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) dengan kepuasan pengguna perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka terdapat korelasi antar variabel. Kemudian hasil perhitungan analisis koefisien korelasi sebesar 0,730. Nilai tersebut termasuk pada interval antara 0,60 – 0,799 yang dikategorikan tingkat korelasi kuat dengan mengarah pada sifat positif. Sehingga semakin tinggi layanan perpustakaan berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) maka akan semakin tinggi pula kepuasan pengguna perpustakaan. Adapun hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,533 yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel layanan perpustakaan berbasis Online Public Access Catalog (OPAC) terhadap kepuasan pengguna perpustakaan adalah sebesar 53,3% dan 46,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Perpustakaan; Online Public Access Catalog (OPAC); Kepuasan Pengguna Perpustakaan
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers > Libraries Automation
Operations, Archieves, Information Centers > Administration and Library Management
Operations, Archieves, Information Centers > Library Catalog
Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Sholehah
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:37
Last Modified: 08 Sep 2023 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76015

Actions (login required)

View Item View Item