Bimbingan Islami dengan teknik Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang

Salsabila, Salma (2023) Bimbingan Islami dengan teknik Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan siswa di sekolah sangat berperan untuk membentuk siswa yang mematuhi tata tertib sekolah. Namun seperti yang kita ketahui bersama, sering terjadi fenomena pelanggaran yang dilakukan oleh siswa terhadap tata tertib dan aturan sekolah yang disebut pelanggaran kedisiplinan. Hal ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, sehingga hal ini menjadi dampak rendahnya kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui program bimbingan islami di MAN 1 Sumedang; (2) mengetahui pelaksanaan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa; (3) mengetahui hasil dari bimbingan islami dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dan teknik penelitian dengan metode deksriptif serta pendekatan kualitatif. Dalam pengambilan data, peneliti melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk rekaman suara serta foto. Setelah data terkumpul dilakukan analisis untuk dapat mengetahui mengenai proses dan hasil dengan membandingkan bagaimana kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan islami dengan teknik self-management. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa dinilai berhasil untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yang rendah di MAN 1 Sumedang. Guru BK dapat menangani atau membantu siswa agar lebih menaati peraturan yang ada di MAN 1 Sumedang serta meningkatkan sisi religius dari siswa di MAN 1 Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan islami; kedisiplinan siswa; teknik self-management;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salma Salsabila
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:56
Last Modified: 08 Sep 2023 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76064

Actions (login required)

View Item View Item