Pengaruh transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan terhadap tingkat kepercayaan muzaki untuk membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung

Rizqi, M Zamil Fauzi (2023) Pengaruh transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan terhadap tingkat kepercayaan muzaki untuk membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Sarjana thesis, UINSunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DATAR ISI)
1_DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1_BAB 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB III)
_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB IV)
_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB V)
_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan memainkan peran dalam membentuk kepercayaan Muzaki. Terutama pada lembaga pengelola zakat, seperti yang terlihat dalam fenomena di BAZNAS Kota Bandung. Praktik transparansi dan akuntabilitas di sini telah menciptakan lingkungan di mana kepercayaan masyarakat terhadap lembaga dan tujuan sosialnya meningkat dan dalam melakukan donasi (ZIS), akan tetapi dari 3 tahun pada tahun 2019 adanya penurunan dana ZIS yang dihimpun sampai 2021. Tujuan penelitian ini adalan untuk mengetahui dan menganalisis: 1). Pengaruh transparansi laporan keuangan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan Muzaki untuk membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung 2). Pengaruh akuntabilitas laporan keuangan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan Muzaki untuk membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung 3). Pengaruh transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan terhadap tingkat kepercayaan Muzaki untuk membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan. metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif statistic, uji kualitas data, uji ketetapan model, analisis regresi sederhana beranda,analisis dan uji hipotesis. Data yang diolah adalah data primer berupa hasil kuisioner yang dilakukan secara online dan langsung di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Transparansi dan akuntabel menjadi hal yang sangat urgen bagi pelaksanaan fungsi – fungsi suatu lembaga publik karena menyangkut hal yang tidak diinginkan, dengan transparansi lembaga sangat sulit menyembunyikan kebohongan mengenai pengelolaan sumber daya publik. Dengan adanya akuntabilitas dan transparansi yang baik akan menimbulkan rasa kepercayaan dari masyarakat. Apabila kepercayaan seseorang sudah terbentuk maka akan menumbuhkan minat masyarakat dalam melakukan donasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) secara parsial diperoleh bahwa perbandingan T hitung dengan T tabel untuk X1 atau transparansi sebesar (1,935 > 2,012) yang artinya variabel transparansi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan Muzaki, 2) secara parsial diperoleh bahwa perbandingan T hitung dengan T tabel untuk X2 atau akuntabilitas sebesar (2,680 > 2,012) yang artinya variabel akuntabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Kepercayaan Muzaki, 3) transparansi dan akuntabilitas secara simultan dapat berpengaruh positif signfikan terhadap kepercayaan Muzaki di BAZNAS Kota Bandung dengan hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen memberikan pengaruh sebesar 54,9%, sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transparansi; akuntabilitas; kepercayaan Muzaki
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: M Zamil Fauzi Rizqi
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:49
Last Modified: 08 Sep 2023 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76079

Actions (login required)

View Item View Item