Konseling Individu melalui Kegiatan Muhadharah untuk meningkatkan Self Confidence Siswa: Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Bandung

Sa'adah, Yayu (2023) Konseling Individu melalui Kegiatan Muhadharah untuk meningkatkan Self Confidence Siswa: Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Bandung berfokus pada siswa yang memiliki permasalahan yang merujuk pada rendahnya self confidence dibantu dengan konseling individu melalaui kegiatan muhadharah agar terentaskannya permasalahan yang dihadapi siswa. Dengan adanya konseling individu melalui kegiatan muhadharah diharapkan siswa dapat meningkatkan self confidence-nya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi rendahnya self confidence siswa serta program konseling individu melalui kegiatan muhadharah untuk meningkatkan self confidence siswa. Selain itu, penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui hasil konseling individu melalui kegiatan muhadharah untuk meningkatkan self confidence siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Alasan peneliti menggunakan metode tersebut yaitu untuk menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai konseling individu melalui kegiatan muhadharah untuk meningkatkan self confidence siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konseling individu melalui kegiatan muhadharah untuk meningkatkan self confidence pada siswa. Konseling individu dilakukan oleh guru BK untuk menyelesaikan permasalahan yang bersifat individu. Dengan kegiatan muhadharah yang menjadi landasan diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan self confidence-nya. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi siswa memiliki self confidence yang rendah, hal ini ditunjukan dengan adanya ketidak percayaan diri, malu tampil di depan, kurang berani bersosialisasi, dan kurang berani untuk bertindak. Kondisi self confidence yang rendah ini diberikan solusi dengan adanya program konseling individu melalui kegiatan muhadharah. Hasil konseling individu melalui kegiatan muhadharah menunjukan peningkatan self confidence yang terjadi pada siswa dengan bertambahnya kepercayaan diri, berani tampil di depan, berani bersosialisasi dan berani untuk bertindak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Kegiatan Muhadharah; Self Confidence
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sa'adah Yayu
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:27
Last Modified: 08 Sep 2023 00:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76141

Actions (login required)

View Item View Item