Evaluasi kebijakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung

Nurpadilah, Nadia (2023) Evaluasi kebijakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

KTP elektronik atau KTP-el merupakan dokumen kependudukan sebagai bukti identitas Warga Negara Indonesia (WNI) yang wajib dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Disdukcapil Kabupaten Bandung sudah melakukan pencetakan KTP-el yang dimulai pada tahun 2009. Dalam pelaksanaannya Disdukcapil Kabupaten Bandung masih belum optimal, hal ini karena masih banyak kendala yaitu banyaknya data penduduk yang belum melakukan perekaman KTP-el sehingga belum mencapai target realisasi, keterbatasan blanko KTP elektronik, kemudian terjadi duplikasi data warga atau data ganda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak aktif dikarenakan data warga yang belum diperbaharui. Selain itu juga sering mengalami kendala pada jaringan atau server yang error hal ini menjadikan keterlambatan proses pelaksanaan KTP-el. Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui evaluasi kebijakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) berdasarkan kriteria Sumber Daya Aparatur (SDA), kelembagaan, sarana prasarana dan teknologi, finansial, serta regulasi (pendukung) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Bandung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang didapatkan peneliti langsung pada saat observasi dan data sekunder yang didapatkan melalui studi pustaka seperti jurnal, buku dan media internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yang terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan yang dipilih menggunakan teknik sampel purposif. Teknik sampel ini memilih informan yang memiliki pengalaman sesuai dengan masalah yang sedang diteliti.Teori yang digunakan peneliti dalam meneliti evaluasi kebijakan KTP-el di Disdukcapil Kabupaten Bandung yaitu menggunakan model dari Leo Agustino sebagai pisau analisis dalam penelitian ini. Terdapat lima kriteria terkait evaluasi kebijakan yang meliputi (1) Sumber Daya Aparatur; (2) Kelembagaan; (3) Finansial; (4) Sarana, prasarana dan teknologi; dan (5) Regulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria evaluasi kebijakan KTP-el umumnya sudah dilaksanakan dengan baik namun belum optimal. Hal ini dilihat dari terlaksananya beberapa kriteria seperti kriteria kelembagaan, finansial dan regulasi pendukung. Walaupun beberapa kriteria evaluasi kebijakan telah terlaksana dengan baik, tetapi ada juga kriteria yang belum terlaksana yaitu kriteria Sumber Daya Aparatur (SDA) dan kriteria sarana, prasarana dan teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan; KTP-el; Kebijakan; Administrasi Kependudukan; Disdukcapil
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour > Population in Indonesia
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nadia Nurpadilah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:14
Last Modified: 08 Sep 2023 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76147

Actions (login required)

View Item View Item